Untitled Document
kalo kalian Mau lanjutin baca tulisannya ... klik aja judul tulisannya...

Kamis, 20 September 2012

Hormati orang tua !



Pas gue liat inbox facebook gue dan mention di twitter , udah banyak yang minta gue update blog. Pada kangen tulisan gue ya ?  kangen blog gue ya ? kangen nyium napas gue ya ? *eh 


Di postingan gue ini dan sesuai janji gue kemarin di facebook dan twitter, tulisan kali ini agak berbeda dari yang sebelumnya. Gue nyoba ngajak kita semua untuk lebih menghargai dan mengingat orang tua kita. Terlebih lagi seorang ibu.  

Sekarang , gue lagi jauh dari orang tua.  Alhamdulillah gue diberi kesempatan untuk kuliah di luar kota kelahiran gue.  Untuk pertama kali pergi merantau tanpa orang tua ,  gue ngerasa benar2 kehilangan. Gue pernah ditinggal bokap gue yang udah pergi untuk selama-lamanya. Dan tentunya , gue nggak mau kehilangan nyokap. Tapi , konteks sekarang berbeda. Gue pergi untuk ngerebut semua impian gue. Dan gue yakin nyokap juga bakal bangga. Bagi gue , nyokap adalah orang nomer wahid yang wajib gue senengin.





Dulu , pas bokap gue masih ada, dia selalu berusaha agar gue jadi orang yang berkepribadian lebih baik darinya. Dia yang kerja habis2an buat kehidupan gue , sekolah gue , dan yang ngasi pelajaran berharga buat gue salah satunya tentang disiplin. Beliau terkesan sangat disiplin . Gue aja sempat sebel liat beliau. Tapi ternyata , sekarang gue bener-bener merasakan pentingnya ilmu yang diberikan bokap gue itu. Makanya gue sampe sekarang terbiasa hidup disiplin. Mungkin bagi temen2 yang sering ngeliat status dan tweet gue pasti menyimpulkan kalo gue orangnya dekil , gak ada aturan dan lain2. Tapi gue 
sejujurnya bertentangan banget dengan hal yang begituan. 

Nah , sampe sekarang ini , gue coba review apa yang udah diberi bokap gue pada gue. Ternyata banyak banget.  Sedangkan gue ? gue belum bisa ngasi apa2 sama beliau.  Bahkan sampe akhir hayatnya. Dengan hal yang begitu banyak yang telah diberikan beliau ke gue, Cuma satu yang bokap minta ke gue “ kalo bapak meninggal , kamu jadi imamnya ya , nak ? “ 
Deg !!   Gue bener-bener  terperanjat.  Dari segala hal yang diberikannya kepada gue , Cuma itu yang ia minta.  Dan gue pun nggak mau menyia-nyiakan permintaan beliau.  Ketika bokap mulai sakit dan semakin kurus , gue sempat menitikkan air mata. Gue bener2 merasa ‘ anak seperti apa sih gue ini ? ‘  kok gue belum bisa ngebahagiain bokap gue yang makin lama makin tua dan kurus. Hingga ketakutan gue selama ini muncul.   


12 oktober 2011 lalu , beliau menghembuskan nafas terakhirnya. Dan gue tepat berada di samping beliau. Sehari sebelum itu , ketika beliau udah sadarkan diri dari keadaannya yang koma, nyokap ngirim sms ke gue kalo Bokap sempat nanya keberadaan gue. Dan pada saat itu gue masih dalam jam  sekolah. Gue balas sms nyokap dan bilang ‘ kalo gue juga kangen dan sayang banget sama bokap gue ’.  Dan ternyata ,  Bokap gue sempat nangis ketika nyokap bilang kalo gue kangen dan sayang sama dia.   

Tapi apa daya , 12 oktober 2011 pukul 10 :05 WIB , bokap gue harus bertemu dengan rabb nya.
Dan sesuai dengan permintaan beliau , gue penuhi fardu kifayahnya. Dan seperti yang diminta beliau ‘ gue berdiri sebagai imam untuk menyolatkan beliau ‘ .  Gue juga ikut meletakkan jenazah beliau yang kaku ke liang lahat lalu menguburkannya sebagai tanda penghormatan terakhir gue yang sebesar-besarnya pada beliau.  Lalu pertanyaannya ?  apakah gue udah bisa membahagiakan bokap gue ?  apakah itu cukup untuk beliau ?  gue nggak tau dan gue rasa itu semua sangat sangat sangat tidak cukup untuk membahagiakan bokap gue.  Tapi gue sangat bangga jadi anak beliau.
Bagi teman2 sekalian ,  coba inget , apa yang udah diberikan ayah kalian pada kalian semua , dan coba bandingkan ! apa sih yang udah kalian kasi ke beliau ? Bagi kalian yang udah kehilangan orang tua , tetap doa’kan beliau agar bahagia disana.   
Bagi kalian yang masih memiliki orang tua , bersyukurlah dan sayangilah beliau karena beliau masih ada. Sayangilah beliau karena beliau masih bisa tersenyum pada kalian.
Karena senyuman nya itu bisa saja suatu saat padam menjadi kaku tanpa kalian harapkan. 



Putar video ini , dan inget kembali apa yang udah kalian berikan pada ayah kalian.













Selanjutnya adalah ibu. Ibu adalah orang yang paling berjasa dalam kehidupan kita. Lihat saja, yang ngandung kita selama 9 bulan lamanya itu ibu. Menyusui , membesarkan dan perhatiannya melebihi luasnya dunia.
Alhamdulillah , gue masih punya nyokap. Dan semoga beliau panjang umur, sehat selalu dan terhindar dari segala marabahaya dan bencana. Aamiin.
Pas gue nyampe di kota tempat gue merantau, gue ngerasa bener2 kehilangan nyokap. Karena gue dan nyokap itu dekat banget. Maka dari itu gue sayang banget sama nyokap gue. Yang ngingetin gue makan itu yaa nyokap. Yang ngurusin gue kalo sakit itu yaaa nyokap. Yang buat gue hampir menitikkan air mata ketika nyokap bilang 

‘belajar bagus2 ya nak... kalo pun iqi sukses nanti , itu semua buat iqi nya. Mama’ nggak berharap banyak untuk menikmati kesuksesan iqi. Yang mama’ harapkan jangan lupa solat , ngaji dan kirim do’a buat almarhum bapakmu ‘


Gue bener2 nyesak. Dalam do’a gue selalu mohon supaya nyokap panjang umur dan selalu sehat. 
Buat kalian semua , yang masih punya ibu , bersyukurlah karena keberadaannya. Buat dia bangga . Dan jangan pernah sakitin dia.
Bagi kalian yang udah kehilangan ibu , do’akan beliau agar mendapat kesenangan disana. 


Ingat , apa yang telah diberikan ibu kalian pada kalian. Renungkan !  kita yang selalu membentak-bentak beliau . Dan tanpa sepengetahuan kita , beliau menangis di kamarnya. Apa yang udah kita lakukan ? Apa yang udah kita beri untuk mereka ???  bayangkan bila suatu saat nanti nggak ada lagi yang menyuruh kita makan seperti ‘ nak.. makanlah dulu.. ‘
Dan bayangkan bila kalian menyaksikan tubuh ibu kalian sudah tertidur kaku dan tak akan pernah bangun lagi untuk selama-lamanya.
Putar video ini guys, dan inget apa yang udah kalian lakukan pada ibu kalian ?









Semoga kita lebih menghormati orang tua kita.  Jangan lupakan mereka. Simpan mereka dalam hati kalian semua..

wassalam
    
 

    

    
 

Daftar Blog Saya

 
designed by @rifqiyusuf